Laman

Rabu, 12 Agustus 2015

Mengidentifikasi Situasi Konflik


Kegiatan belajar 1 :megindentifikasi situasi konflik
a.   Definisi konflik
b.   Faktor penyebab konflik
c.    Cirri-ciri/isyarat adanya konflik
d.   Anggapan salah mengenai konflik

A.               Definisi konflik
Kata “konflik” itu sendiri berasal dari bahasa latin “Configere”, yang oleh para sosiolog diartikan sebagai suatu proses antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuat tidak berdaya. Konflik itu sendiri merupakan situasi yang wajar dalam setiap masyarakat maupun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggota atau antar kelompok masyarakat lainnya, konflik itu akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri. Konflik yang dapat terkontrol akan menghasilkan integrasi yang baik, namun sebaliknya integrasi yang tidak sempurna dapat menciptakan suatu konflik. Konflik terjadi karena adanya interaksi yang disebut komunikasi. Hal ini berarti, bila kita ingin mengetahui konflik, kita harus mengetahui kemampuan dan perilaku komunikasi. Semua konflik mengandung komunikasi, tapi tidak semua konflik berakar pada komunikasi yang buruk.
Beberapa pendapat ahli mengenai konflik :
Konflik Menurut Robbin
Robbin (1996: 431) mengatakan konflik dalam organisasi disebut sebagai The Conflict Paradoks, yaitu pandangan bahwa di sisi konflik dianggap dapat meningkatkan kinerja kelompok, tetapi di sisi lain kebanyakan kelompok dan organisasi berusaha untuk meminimalisasikan konflik. Pandangan ini dibagi menjadi tiga bagian, antara lain:
1. Pandangan tradisional (The Traditional View). Pandangan ini menyatakan bahwa konflik itu hal yang buruk, sesuatu yang negatif, merugikan, dan harus dihindari. Konflik disinonimkan dengan istilah violence, destruction, dan irrationality. Konflik ini merupakan suatu hasil disfungsional akibat komunikasi yang buruk, kurang kepercayaan, keterbukaan di antara orang – orang, dan kegagalaan manajer untuk tanggap terhadap kebutuhan dan aspirasi karyawan.

2. Pandangan hubungan manusia (The Human Relation View. Pandangan ini menyatakan bahwa konflik dianggap sebagai suatu peristiwa yang wajar terjadi di dalam kelompok atau organisasi. Konflik dianggap sebagai sesuatu yang tidak dapat dihindari karena di dalam kelompok atau organisasi pasti terjadi perbedaan pandangan atau pendapat antar anggota. Oleh karena itu, konflik harus dijadikan sebagai suatu hal yang bermanfaat guna mendorong peningkatan kinerja organisasi. Dengan kata lain, konflik harus dijadikan sebagai motivasi untuk melakukan inovasi atau perubahan di dalam tubuh kelompok atau organisasi.
3. Pandangan interaksionis (The Interactionist View). Pandangan ini cenderung mendorong suatu kelompok atau organisasi terjadinya konflik. Hal ini disebabkan suatu organisasi yang kooperatif, tenang, damai, dan serasi cenderung menjadi statis, apatis, tidak aspiratif, dan tidak inovatif.

Konflik Menurut Stoner dan Freeman
Stoner dan Freeman(1989:392) membagi pandangan menjadi dua bagian, yaitu pandangan tradisional (Old view) dan pandangan modern (Current View):
1. Pandangan tradisional. Pandangan tradisional menganggap bahwa konflik dapat dihindari. Hal ini disebabkan konflik dapat mengacaukan organisasi dan mencegah pencapaian tujuan yang optimal. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan yang optimal, konflik harus dihilangkan. Konflik biasanya disebabkan oleh kesalahan manajer dalam merancang dan memimpin organisasi. Dikarenakan kesalahan ini, manajer sebagai pihak manajemen bertugas meminimalisasikan konflik.
2. Pandangan modern. Konflik tidak dapat dihindari. Hal ini disebabkan banyak faktor, antara lain struktur organisasi, perbedaan tujuan, persepsi, nilai – nilai, dan sebagainya. Konflik dapat mengurangi kinerja organisasi dalam berbagai tingkatan. Jika terjadi konflik, manajer sebagai pihak manajemen bertugas mengelola konflik sehingga tercipta kinerja yang optimal untuk mencapai tujuan bersama.


B. Faktor penyebab konflik
1.      Penyebab individu
Perbedaan kepribadian antar individu bisa menjadi factor penyebab terjadinya konflik, biasanya perbedaan individu yang menjadi sumber konflik adalah perbedaan pendirian dan perasaan. Manusia adalah individu yang unik, artinya setiap orang memiliki pendirian dan perasaan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.
2.      Perbedaan latar belakang kebudayaan
Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda. Seseorang sedikit banyak akan terpengaruh dengan pola-pola pemikiran dan pendirian kelompoknya. Pemikiran dan pendirian yang berbeda itu akan menghasilkan perbedaan individu yang akhirnya akan akan memicu konflik.

3.      Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok
Manusia memiliki perasaan, pendirian maupun latar belakang kebudayaan yang berbeda. Oleh sebab itu, dalam waktu yang bersamaan, masing-masing orang atau kelompok memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Kadang-kadang orang melakukan hal yang sama, tetapi untuk tujuan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, misalnya perbedaan kepentingan dalam hal pemanfaatan hutan. Para tokoh masyarakat menganggap hutan sebagai kekayaan budaya yang menjadi bagian dari kebudayaan mereka, sehingga harus dijaga dan tidak boleh ditebang. Para petani menebang pohon-pohon karena dianggap sebagai penghalang bagi mereka untuk membuat kebun atau lading. Bagi pengusaha kayu,pohon-pohon yang ditebang kemudian kayunya diekspor guna mendapatkan uang dan membuka pekerjaan . sedangkan bagi pecinta lingkungan, hutan adalah bagian dari lingkungan sehingga harus dilestarikan disini jelas terlihat ada perbedaan kepentingan antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.

c. ciri-ciri/isyarat adanya konflik
Menurut Wijono( 1993 : 37) Ciri-ciri Konflik adalah :
1. Setidak-tidaknya ada dua pihak secara perseorangan maupun kelompok yang terlibat dalam suatu interaksi yang saling bertentangan.
2. Paling tidak timbul pertentangan antara dua pihak secara perseorangan maupun kelompok dalam mencapai tujuan, memainkan peran dan ambigius atau adanya nilai-nilai atau norma yang saling berlawanan.
3. Munculnya interaksi yang seringkali ditandai oleh gejala-gejala perilaku yang direncanakan untuk saling meniadakan, mengurangi, dan menekan terhadap pihak lain agar dapat memperoleh keuntungan seperti: status, jabatan, tanggung jawab, pemenuhan berbagai macam kebutuhan fisik: sandang- pangan, materi dan kesejahteraan atau tunjangan-tunjangan tertentu: mobil, rumah, bonus, atau pemenuhan kebutuhan sosio-psikologis seperti: rasa aman, kepercayaan diri, kasih, penghargaan dan aktualisasi diri.
4. Munculnya tindakan yang saling berhadap-hadapan sebagai akibat pertentangan yang berlarut-larut.
5. Munculnya ketidakseimbangan akibat dari usaha masing-masing pihak yang terkait dengan kedudukan, status sosial, pangkat, golongan, kewibawaan, kekuasaan, harga diri, prestise dan sebagainya.
Pemimpin organisasi pada level manapun perlu memiliki kepekaan terhadap munculnya konflik. Beberapa isyarat adanya konflik, antara lain :
            1.     Anggota memberikan komentar dan saran dengan penuh emosi.
            2.     Anggota menyerang gagasan orang lain sebelum gagasan tersebut diselesaikan.
3. Anggota saling menuduh bahwa mereka tidak memahami masalah yang sebenarnya. Anggota selalu beroposisi dan menolak untuk kompromi.
4.  Anggota saling menyerang secara langsung pada pribadinya.
            Para pemimpin seharusnya melakukan deteksi dini terhadap gejala-gejala konflik, sebelum konflik itu meletus hebat. Melalui deteksi dini ini bisa diambil langkah-langkah segera untuk menyelesaikannya


D.Anggapan salah mengenai konflik
  1. Konflik akan teratasi dengan sendirinya apabila dibiarkan.
                        Jika tidak segera diatasi, konflik akan menjadi tidak terkendali dan makin sulit diatasi. Membiarkan konflik terjadi berarti membiarkan masalah semakin besar yang suatu ketika dapat menjadi bom waktu yang dapat meledak kapan saja dan merugikan organisasi
2. Konfrontasi adalah hal yang tidak menyenangkan
                        Konfrontasi tidak sama dengan berkelahi atau saling bertatapan muka penuh emosi. Konfrontasi ialah merundingkan persoalan untuk diselesaikan . Dalam konfrontasi dilakukan pertemuan untuk mengemukakan argumentasi dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Hal ini penting dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman yang berlarut-larut
3. Konflik dalam perusahaan menandakan ketidakmampuan pemimpin
                       
                        siapa pun pemimpinnya, konflik pasti akan terjadi dalam suatu organisasi. Hal yang terpenting adalah bukan bisa atau tidaknya memimpin, tapi apakah pemimpin cakap dan handal dalam mengatasi konflik serta mampu mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi di masa depan
4. Konflik di antara karyawan menandakan ketidakpedulian pada perusahaan
                       
                        ketika terjadi konflik di suatu organisasi, dapat diartikan bahwa telah terjadi dinamika positif dalam organisasi tersebut. Konflik dapat memberi gambaran bahwa anggota tim yang terlibat memiliki kepedulian/perhatian pada masalah-masalah organisasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar