Laman

Rabu, 25 November 2015

Wonderful Overland Tour Jakarta-Bandung

Sudah hampir beberapa bulan kami tidak melaksanakan tur, akhirnya sekarang ini kecapaian juga tur ke Bandung. Overland lagi. Kami memulai tur pada tanggal 28 September hari senin. Senin pagi kami sudah berkumpul di Bandara Hang Nadim.

Pesawat kami berangkat pada pukul 08.00 menuju Jakarta ( Bandara Soekarno-Hatta). Kami menggunakan maskapai pesawat Citilink. Saat keberangkatan penulis duduk di dekat jendela. penulis sebangku dengan M.Ari Tratama dan Giska Soraya. setelah beberapa jam akhirnya pesawat yang kami tumpangi mendarat di Bandara Soekarno Hatta.

setelah mendarat, kami langsung pergi untuk mengambil bagasi. kemudian, saat kami keluar dari bandara, terlihat seorang guide yang sudah menyambut kami dengan papan paging boardnya yang bertuliskan "WELCOME SMKN 2 BATAM" . kami juga sempat take photo disana^^

setelah itu, kami kemudian menunggu bas kami di halte..(halte atau apalah namanya). setelah nunggu sekitar setengah jaman (alay) akhirnya basnya datang. dan karena semuanya udah lelah dan penat, cuss kita langsung naik. dan koper kita dimasukin ke dalam bagasi sama driver dan co drivernya. saat sudah di dalam bas, sang guide pun mulai menjelaskan mengenai jakarta, ia juga memanggil kami satu persatu untuk mengetes sampai dimana keberanian kami untuk berbicara di depan khalayak ramai.

Bas yang kami naiki saat ini menuju sebuah restoran terdekat Bandara Soekarno-Hatta....sesampainya disana, kami langsung menikmati lunch, karena semua udah pada kelaperan, hehehe.

setelah mencicipi menu lunch, rute selanjutnya pun dilanjutkan dengan mengunjungi masjid istiqlal karena sudah mau memasuki waktu dzuhur. perjalanan menuju masjid istiqlal benar2 macet. yaaa... akhirnya penulis bisa juga merasakan keseharian anak jakarta yang dilanda macet. duh kalo gini caranya penulis ga bisa tinggal di jakarta nih.. secara penulis juga kadang suk ngaret *kadang. kalo ngaret terus macet kayak gini.. gimana cobaaa....-_-.

saat sampai di masjid istiqlal kami langsung menuju ke dalam masjid, karena waktu yang diberikan oleh guide hanya terbatas.. so kita pada buru-buru(expektasi)... aslinya semua fokus pada selfiii.... ya,,, udah jamannya kali yaa, nggak sah kalo ketempat yang belum dikunjungi tapi gak selfii.. hehe... i think we just enjoy the free time where we cant get it if we school later.. (kalo grammarnya salah tolong di comment :D).

pada saat di dalam masjid kita langsung nitip sepatu di loker penitipan... bagus nih.. kalo gini kan kaga perlu takut sepatu hilang lagi... tempat penitipan sepatu di masjid istiqlal dibedakan loh antara wanita dan pria... saat kita mau ambil wudhu kita hampir tersesat. bapak2 yang ada di masjid nyuruh kita jalan lurus baru belok kir. karena ada 2 lorong yang belok kiri.. kita jadi bingung. eh taunya kita balik ke tempat awal. setelah itu kita jalan balik lagi baru deh nemu jalan yang benerr. di dalam masjid istiqlal terdapat kursi santai di sepanajang jalan menuju ke tempat wudhunya. terus di dalam masjid juga ada tk/sekolah/tempat ngaji yaa.. pokoknya semacam itulah. setelah itu kita pun shalat dan cuss balik ke bas.
      next destination kita adalah monas. but cause monday the monas is closed. im disappointed.. ya mau digimanain lagi alhasil kita cuma take foto di parkirannya doang. hehe

di monas ini banyak banget penjual suvenir, kita sampe dikejar2 dan dipaksa beli. setelah ke monas, kita berencana lanjut ke kota tua Jakarta. cuma karen lalu lintas Jakarta yang padat, sehingga membuat kita nggak terjebak dalam macet selama hampir setengah jaman. karena hari yang sudah sore juga, kita memutuskan untuk langsung menuju Bandung. inilah beberapa view and picture selama perjalanan.

Kita ke Bandung via puncak, ya sesuai dengan namanya puncak, jalannya emang menunjukkan kalo tuh jalan emang benar-benar puncak. jalan dengan kelokan tajam serta satu jalur. gak kebayang kalo ada kecelakaan disitu. saat malam hari, kami memutuskan untuk melakukan ibadah shalat magrib di masjid ta'awun. kaloyang sudah pernah ke puncak, pasti tau masjid ini. di dekat masjid ini, juga terdapat beberapa penjual moci. kita aja sampai dipaksa-paksa gitu buat beli mocinya. karena terletak di perbukitan.pada saat itu juga sedang hujan, sehingga tangga menuju kedalam masjidnya penuh dipenuhi dengan air. kami terpaksa harus angkat celana jeans dan basah-basahan di situ. uuuhhh mana airnya dingin lagi.  view dari masjid ini benar-benar bagus sekali dimalam hari. tetapi karena pada saat itu, penulis juga sedang mual alias nggak enak badan alhasil penulis tidak terlalu view pada malam itu.

untuk dinner, kita makan malam di Rindu Alam restoran. denger2 sih katanya resto ini pernah di pake syuting buat acara kuliner di trans tv gitu. tapi nggak tau juga deh ya, nih fake ato real. secara umum, resto ini memperlihatkan ciri khas sunda yg cukup kuat. mulai dari arsitektur bangunan. sampai penampilan dari penyajian makanannya. menunya apalagi. karena penulis juga sedang tidak enak badan. alhasil penulis tidak menghabiskan menu makan malam yang lezat itu.

Kita nyampai di Bandung tengah Malam gitu, kalo gak salah sekitaran pukul 11 malam atau 12an. bayangkan kita duduk di bus selama berjam-jam coba. dibus, lampunya dimatiin supaya tidurnya nyenyak, hampir 80% semuanya pada tidur di bus. saat udah tengah malaman kita nyampe dan semuanya pada langsung teparrrrr.kami menginap di Vio Hotel yang berada di jalan veteran. penulis sekamar dengan dian dan aziza. saat aziza sudah terlelap tidur, penulis dan dian masih saja penasaran dan tidur midnight gara-gara nonton show me the money season 4/2/3 yaaa. Hotel Vio dekat dengan djoroe masak.
inilah beberapa view dari rooftop vio hotel.

DAY 2

Pagi hari kami bangung sekitar jam 6an untuk mandi dan prepare. setelah itu, kami langsung menuju lobby buat breakfast. dan untungnya, menu breakfastnya bisa dikatakan sudah cukup familiar dan yummy. setelah sarapan, kami menuju bus untuk melanjutkan perjalanan ke STIEPAR Bandung. stiepar ini merupakan salah satu universitas jurusan usaha perjalanan wisata. kebetulan, guru upw kami bu DK juga merupakan alumni dari universitas ini. saat sampai disana, kami langsung disambut oleh mahasiswa/i stiepar dengan menggunakan blazer biru. bang taufik yang juga merupakan alumni smkn 2 batam, yg sedang mengeyam pendidikan disana juga langsung menyambut guru-guru kami. lalu, kami diantar menuju aula/meeting room stiepar, disana terdapat beberapa dosen yang mengajar. bahkan dosen yang pernah menjadi dosen bu DK juga turut hadir disana. salah satu dosen tersebut juga ternyata ada yang pernah menjadi tour guide di Batam.  setelah kami diberikan pembahasan mengenai pariwisata, kami juga diajak berkeliling stiepar untuk mengetahui tentang stiepar. ternyata di stiepar juga terdapat sekolah smk dibawah naungan mereka. utuk jurusan upw khususnya, terdapat sebuah travel keliling dengan mobil sejenis avanza yang dijalankan oleh mahasiswa/siswi disana. kakak pembimbing kami juga memberitahukan bahwa, mereka kerap juga menjalankan city tour tiap bulannya di beberapa kota.

destinasi kita selanjutnya adalah SMKN 3 Bandung. smk 3 memiliki beberapa fasilitas sekolah yang bagus seperti, di sekolah terdapat atm bca, alfamart, business center, travel dll. tampak dari luar smk 3 sangat rapi. selain itu, parkiran juga ditata dengan rapi. saat kita memasuki ruang utama sekolah. kita akan melihat beberapa foto kepala sekolah. sekolah ini juga sepertinya sudah dibangun sejak lama. smk 3 memiliki beberapa program jurusan diantaranya adalah pariwisata, akuntansi, dll. pertam-tama kami diantar menuju aula dan belajar mengenal smk 3. setelah itu kami melakukan shalat dzuhur di masjid dan tur keliling sekolah.  setelah tur keliling sekolah, kami juga menuju ruang praktek upw untuk membahas masalah upw. selanjutnya kami pun melanjutkan ke destinasi selanjutnya.

karena waktu kunjungan kami di smk 3 yang sangat lama, akhirnya kami late lunch. bisa dikatakan bukan makan siang lagi, melainkan makan sore hehehe. ya, kami melakukan makan siang sekitaran jam 3 di lokal restoran terdekat.

kemudina, kami melanjutkan perjalanan kami menuju Rumah Mode. bisa dikatakan rumah mode ini merupakan sebuah shopping place yang cocok untuk kaum menengah kelas atas. bisa dikatakan harga-harga outfit disini lumayan mahal-mahal. underwear aja bisa nyampe 200.000an apalagi baju yang yang lainnya. so, kita putusin buat take foto doang disini. yaaa,, secara nggak sesuai budget men..

setelah shopping di rumah mode, dilanjutkan dengan shopping di area ciampelas.. sumpah ya,, disini itu banyak banget penjual yang suka maksa barang dagangannya ke kita. bahkan kita bakalan diikuti terus sampai kmana kita pergi. agak risih sih sebenarnya. di area ini banyak menjual souvenir khas bandung, seperti kaos, gantungan kunci, dodol, dll. setelah lelah shopping selama 1 jam. akhirnya kami dinner di sebuah restoran seafood terdekat.

setelah kenyang menyantap dinner ala seafood. kami kembali ke hotel untuk beristirahat.

DAY 3
hari ketiga kami dilanjutkan dengan mengunjungi STEC untuk mempelajari presentasi dalam bahasa inggris. jarak tempuh dari hotel menuju STEC lumayan jauh. setelah sampai, disana kami langsung diarahka untuk duduk. sebelum memulai pelajaran kami melakukan pemanasan terlebih dahulu. ya, bisa dikatakan pemanasan dengan nuansa sedikit humor. setelah itu kami diajarkan bagaimana cara berpresentasi yang baik serta cara berbisnis dengan menggunakan bahasa inggris.

kemudian, setelah mendapatkan pembekalan ilmu dari stec. kami makan siang dengan lunch box. selanjutnya, dilanjutkan dengan mengunjungi Tahu susu Lembang. disini terdapat berbagai macam aneka minuman tahu susu. selain itu, disini juga menjual beberapa