Laman

Kamis, 07 April 2016

Perbedaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Manual (paper)



Saya sendiri merupakan siswi kelas 12 SMK yang baru-baru ini mengikuti ujian nasional berbasis computer (UNBK). Awalnya kami berfikir bahwa semua sekolah mengadakan ujian dengan system computer, tetapi ternyata hanya beberapa sekolah saja yang mengikuti UNBK. SMKN 2 Batam sendiri tahun ini merupakan tahun pertama melaksanakan UNBK yaitu di angkatan kami yang ke 16. Bagi sebagian teman-teman yang mengikuti ujian manual atau paper banyak yang mengatakan bahwa menggunakan sistem komputer malah lebih sulit daripada ujian dengan kertas biasa. Namun, menurut saya malah lebih mudah menggunakan system computer. Mengapa?? Dibawah ini saya tuturkan alasan menurut opini saya.


1.                  Dalam penulisan nama di kertas ujian nasional biasanya akan memakan waktu yang lama dalam pembulatan terlebih bagi seorang siswa/siswi yang memiliki nama yang panjang. Namun, dalam UNBK kita hanya perlu menginput username dan password yang telah diberikan oleh pengawas ujian sehingga dapat mengefisien waktu.

2.                  Sulit bagi kita untuk meggonta-ganti jawaban yang salah dalam kertas ujian nasional karena dapat membuat kertas menjadi kotor dan tidak bersih, bahkan bisa saja kertasnya sobek. Tetapi, dengan UNBK kita bebas menggonta-ganti jawaban kita tanpa mengkhawatirkan hal seperti ujian paper.


3.                  Bayangkan saja saat ujian matematika. Kita hanya diberi waktu 2 jam dalam pengerjaan soal. Mungkin bagi murid yang pintar waktu 2 jam sudah lebih dari cukup. Tetapi bagi murid yang otaknya biasa saja seperti saya, waktu 2 jam bukanlah waktu yang cukup untuk pengerjaan matematika. Apalagi bagi yang ujian paper, mereka harus menghabiskan waktu mereka untuk pembulatan di kertas jawaban terlebih dahulu dengan hati-hati. Sementara dengan UNBK kita langsung mengklik jawaban dan bisa langsung pindah ke soal berikutnya

4.                  Tingkat ketelitian ujian nasional paper sama dengan UNBK. Dalam ujian nasional paper kita dituntut untuk teliti dalam pembulatan nama, jawaban, mata pelajaran, tanda tangan dan lainnya. Begitu juga dengan UNBK, kita harus teliti dalam melakukan prosedur ujian. Misalnya, saat selesai mengerjakan soal kita tidak diperbolehkan langsung log out, melainkan kita harus mengklik tombol finish lalu beri centang di keterangan dan tekan selesai. Jika kita langsung menekan log out, maka status kita dalam server masih dalam status mengerjakan soal meskipun kita telah selesai. Maka dari itu harus teliti ya teman.

5.                  Karena ini adalah kali pertamanya sekolah kami menggunakan ujian sistem komputer, computer yang ada disekolah masih terbatas sehingga dibagi menjadi 3 sesi. Alhamdulillah saya sesi pertama.


6.                  Saat listening Bahasa inggris UNBK, kami menggunakan headset sehingga suara native speakers pun dapat didengar dengan jelas.

Maaf, karena saya tidak bisa menampilkan gambar dari contoh UNBK, karena seperti yang kita ketahui, tidak boleh memainkan hp saat ujian. Baiklah, mungkin cukup sekian tulisan saya pada hari ini. Semua tulisan diatas adalah opini saya semata. Apa yang saya lihat dan saya rasakan saya tuangkan dalam tulisan. Jika ada kesalahan atau penambahan dapat  ditulis dikolom komentar. Terima kasih!!!^^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar