Laman

Selasa, 13 Januari 2015

Biodata dan fakta Lee Hi








Nama lahirLee Ha Yi (이하이)
Lahir23 September 1996 (umur 18)
BucheonKorea Selatan
AsalKorea Selatan
GenreK-popjazzsoul
PekerjaanPenyanyi
Tahun aktif2012–sekarang
LabelYG Entertainment (Korea Selatan)
Warner Taiwan (Taiwan)
Artis terkaitEpik HighBigbang2NE1PSYYG Family
Situs webhttp://www.yg-hiheel.com
http://www.lee-hi.co.kr


Riwayat  :



Pada tahun 2012, Lee Hi keluar sebagai juara kedua K-pop Star Season 1 melawan Park Ji Min dan akhirnya langsung dikontrak oleh CEO YG EntertainmentYang Hyun-suk.
Pada Mei 2012, diumumkan bahwa Ha Yi akan debut bersama sebuah grup perempuan bernama SuPearls (dimana awalnya terdiri dari Michelle Lee, Ji-min Park, Seung-joo Lee, dan Jung-mi Lee) yang terbentuk selama K-pop Star Season 1 dan dikontrak oleh YG. Ia disiapkan untuk menggantikan Ji-Min yang memutuskan pindah ke JYP Entertainmentsetelah menang.
Pada 8 Oktober 2012, Ha Yi berkolaborasi dengan grup hiphop/rap Epik High dalam lagu pertama mereka selama tiga tahun berjudul "It's Cold"  Pada 24 Oktober, diumumkan bahwa Ha Yi akan debut sebagai penyanyi solo dibawah nama panggung "Lee Hi" dengan singel "1.2.3.4".yang dirilis pada 28 Oktober. Lagu ini ditulis oleh Masta Wu dan diproduksi oleh CHOICE37 dan Lydia Paek. Video musiknya disutradarai oleh Han Sa Min, yang juga menyutradarai video musik “Lonely” milik 2NE1 serta “Blue” dan “Monster”Big Bang. Lagu ini menduduki puncak semua tangga lagu  dan berada di peringkat pertama selama tiga minggu. Selain itu, Lee Hi berhasil mendominasi tangga lagu bulanan. Ia menampilkan "1.2.3.4" di Inkigayo pada 4 November.ref>"Lee Hi makes her long-awaited debut with "1.2.3.4″ on ‘Inkigayo’!"Allkpop 
Singel keduanya, “Scarecrow” dirilis pada 22 November 2012.
Mengikuti kesuksesan debut Ha Yi sebagai penyanyi solo, perusahaannya membuat pengumuman mendadak pada 13 Februari 2013 bahwa girl grupnya yang dulu, Su Pearls, tak akan lagi diteruskan dan telah dibubarkan. Sebagai gantinya, ia akan meneruskan karirnya sebagai penyanyi solo. 
Pada 24 Februari, YG Entertainment merilis sebuah foto teaser untuk album debutnya. Pada foto terdapat tiga tanggal yakni “March 1st?“, “March 7th?” dan “March 21st?“. Pada hari berikutnya, YG Entertainment merilis foto teaser lainnya dengan tulisan 'mini?', 'single?' dan 'album?'. Keesokan harinya foto teaser lainnya kembali dirilis yang menyatakan bahwa Lee Hi akan merilis sebuah lagu intro berjudul 'Turn It Up' pada 1 Maret. Pada 2 Maret, foto teaser lainnya dengan tulisan 'It's Over' dimana Lee Hi sedang memegang lipstik. Terungkap bahwa album yang berjudul "First Love" akan dirilis dalam bentuk mini-album digital pada 7 Maret dan berisi 5 lagu sedangkan album penuh dirilis pada 28 Maret berisi 10 lagu. Lagu "It's Over" dan "Rose" akan dirilis secara berurutan pada tanggal-tanggal tersebut.
Album penuh Lee Hi, First Love debut pada 28 Maret 2013 dan singel 'Rose' berada di nomer 1 sesaat setelah satu jam dirilis. 'Rose' adalah lagu pertama Lee Hi yang dirilis bukan hanya untuk menampilkan kemampuan bernyanyi, melainkan juga kemampuan rap

FAKTA - FAKTA :

1. Lee Hayi menyukai makanan ddukbokki
2. Lee Hayi sedikit kecewa ketika orang-orang hanya memuji suara bass-nya. Dia percaya dia bisa melakukan nada tinggi juga.
3. Ketika Hayi masih muda, dia tidak bisa menyayikan lagu anak-anak karena semua orang berpikir suaranya tidak bagus.
4. Pria ideal Hayi adalah Big Bang TOP karena suaranya yang mendalam.
5. Ketika Hyi bertemu TOP dia berteriak, “Apakah ini mimpi?”

6. Hayi mengantuk selama rapat pertama pribadinya dengan JYP di KPOP STAR.
7. Hayi selalu gugup sebelum naik ke atas panggung tapi kelihatan tenang ketika perform.
8. Bukan suaranya, berat tubuh Hayi yang sangat menarik perhatian di audisi KPOP STAR. Para juri mengatakan bahwa dia tidak bisa menari ketika dia gemuk.
9. FT Island Jeajin, Seunghyun dan Minhwan adalah senior Hayi disekolah.
10. Hayi dan Hyunsang yang pertama kali merilis lagi digital mereka di KPOP STAR; For You Lee by Lee Hayi dan Farewell, That I Wasn’t Able To See by Hyunsang.
11. Ha Eum dan Harang – anak-anak Sean (YG) merasa bahwa Hayi akan menangkan KPOP STAR.
12. Hayi ingin menangis di malam final KPOP STAR tapi menahan dirinya untuk melakukannya.
13. Hayi menduduki puncak chart voting online untuk enam minggu berturut-turut.
14. Guru Hayi di sekolah music pertamanya berkecil hati untuknya menanyi karena suara seraknya dan mengatakan bahwa musik klasik bukan yang tepat untuknya.
15. Suaranya tidak mendapat serak jadi tidak masalah seberapa keras dia berteriak.
16. Meskipun dianggap rival, Lee Hayi dan Park Jimin adalah teman baik dan teman sekamar.
17. Dia sering menerima lollipop dan makan manis lainnya dari fans.
18. Hayi menghadiri SCHOOL OF PERFORMING ARTS bersama F(X) Sulli dan MISS A Suzy.
19. Ketika dia pertama kali menerima kue buatan tangan dari seorang fan, dia tidak memakanya atau menyentuhnya karena kue itu sangat cantik.
20. Menandatangani kontrak dengan YG Entertainment, salah satu agensi terbesar di Korea. Agensi ini adalah tempat idol-idol Korea yang sudah mendunia, yaitu Big Bang, 2NE1, Se7en dll.
21. Single debutnya adalh 1 2 3 4.

22. Single debutnya masuk di chart POPDUST pisisi 89.
Daya Tarik Lee Hi Menurut CEO YGentertaiment:
CEO YG Entertainment tempat aktris Lee Hi bernaung, mengatakan bahwa daya tarik Lee Hi adalah penampilannya yang selalu tak tertebak.
Yang Hyun Suk mengatakan, “Sejak aku memproduseri Lee Hi, aku menyadari bahwa ia selalu tampil tak tertebak dan tentu saja, charming. Ia tidak pernah belajar menari secara profesional tapi coba lihat penampilannya di video 1,2,3,4, dia terlihat sangat menarik.”
Lee Hi mulai mencuri hati para penggemarnya ketika pertama kali tampil di SBS K-Pop Star dengan suara merdunya dan aksi panggung yang memukau. Ia bisa membawakan lagu pop, ballad, R&B, soul dengan baik.
Ketika ia menyanyikan I Am the Best milik 2NE1, semua juri sepakat bahwa ia sangat cantik dan memukau. Menanggapi komentar tersebut, Yang Hyun Suk mengatakan bahwa ada sesuatu yang menarik darinya yang baru akan diungkap lewat single pertamanya.
Yang Hyun Suk menambahkan, “Ia memiliki banyak bakat dan suaranya sangat matang. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa ia masih belum berpengalaman dan banyak yang akan memanfaatkannya. Dia akan menunjukkan sesuatu yang berbeda di dunia hiburan Korea saat ini.”





Tidak ada komentar:

Posting Komentar