Laman

Selasa, 13 Desember 2016

Rusa Bawean

Nama    : Dessy Permata Sari
Kelas     : X UPW 1


Rusa bawean (Axis kuhlii) adalah sejenis rusa yang saat ini hanya ditemukan di Pulau Bawean di tengah Laut Jawa, Secara administratif pulau ini termasuk dalam Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa TimurIndonesia. Spesies ini tergolong langka dan diklasifikasikan sebagai "terancam punah" olehIUCN. Populasinya diperkirakan hanya tersisa sekitar 300 ekor di alam bebas. Rusa Bawean hidup dalam kelompok kecil yang biasanya terdiri atas rusa betina dengan anaknya atau jantan yang mengikuti betina untuk kawin. Mereka tergolong hewan nokturnal atau aktif mencari makan di malam hari. 
Rusa Bawean memiliki ciri-ciri yaitu memiliki tinggi badan sekitar 60 – 70 Cm dan panjang badan  105 – 115 Cm.Berat badan dari rusa bawean adalah  ± 50 Kg dengan panjang ekor sekitar  20 Cm ,berwarna coklat  dan keputihan dilipatan bagian dalamnya.Ciri keistimewaan yang dimiliki rusa bawean ini adalah adaya gigi taring pada rahang bawahnya. Bulu hewan ini berwarna coklat pendek, kecuali pada bagian leher, sekitar matanya berwarna putih terang serta di sekitar mulut berwarna sedikit terang disbanding muka yang dipisahkan oleh garis kehitaman. Bahu depan rusa bawean lebih rendah daripada bagian belakang sehingga terkesan merunduk seperti kijang,
Kegiatan hidup rusa Bawean terutama berlangsung pada malam hari (nocturnal). Rusa bawean aktif berkelana mulai pukul 17.00 sampai pukul 21.00 dan mulai menurunkan aktifitasnya pada pukul 02.00 dini hari sampai pukul 05.00 pagi. Pada siang hari rusa Bawean biasanya menghabiskan waktu untuk beristirahat. Pulau Bawean sebagi habitat asli dari rusa Bawean, terletak 150 km sebelah utara Surabaya, dikawasan Laut Jawa. Luas total Pulau Bawean sekitar 190 km² dengan daerah yang bergunung (400-646 m dpl) berada di sekitar barat dan tengah pulau. Musim kemarau berlangsung mulai bulan Agustus hingga November dan dilanjutkan dengan musim penghujan dengan disertai angin Berat yang kencang pada awal musim penghujan. Makanan yang sering dimakan rusa bawean biasanya adalah buah nangka, daun nangka, dan banyak jenis daun,rumput, dan buah-buahan  lainnya.

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar